ALERGI KARENA STRESS

Disini siapa yang punya alergi??

Umumnya alergi itu reaksi yang terjadi pada tubuh kita setelah memakan sesuatu atau terkena sesuatu dari luar. Misalkan aku, alergi sama udang air tawar.

Pernah waktu umur sekitar 8 tahun. Di acara BBQ keluarga, bakarlah udang sama bumbu racikan yang sepupu aku buat dan rasanya super enak. Kalap sampe 10-20 tusuk aku makan sendiri, karena nyokap seneng banget kasih aku seafood waktu balita. Udah selesai makan, muncul lah gatel-gatel dan merah sebadan-badan ditambah kaya agak panas gitu. Nyokap nanya sepupu, udangnya dari mana. Ternyata udangnya di ambil dari kolam air tawar. Semenjak itu yang berbau udang agak picky, gak mau kejadian alergi lagi kaya gitu.

Selain itu, aku juga punya alergi dingin. Bisa dibilang sinusitis karena keturunan genetik dari orang tua dan debu. Agak dibilang manja karena jadinya kalo beres-beres ruangan gitu mesti pake masker atau enggak bakal gatel-gatel atau bersin-bersin.

Itu termasuk alergi yang lumrah orang juga alamin.

Lately, sering ngerasa gatel-gatel sampe merah-merah di badan semacam biang keringet.

Image source : Google

Awalnya sempet ke dokter, buat nanya alergi apa atau makan apa nih jadi alergi baru. Tapi dokter malah gak bisa kasih diagnosa kalo ini alergi dari makanan. Dokter cuman kasih salep biar cepet hilang si kemerahan ini. Dokter sempet nanya juga sih

“Ini munculnya di tempat yang sama gak?”

(aku gak ngeuh juga sih sebenernya) “Kayanya iya dok!”

“…..”

Si kemerahan ini awalnya muncul leher kaya ada dua bulatan gitu, gak aku gubris sama sekali karena ilangnya lumayan cepet. Setelah itu lama banget gak alergi, muncul lah di pundak belakang kepala. Ini yang lumayan agak lama sembuhnya makanya aku mutusin buat ke dokter. Setelah di kasih salep itu pun lama banget sembuhnya. Sampe udah gak aku pikirin lagi, eh malah sembuh sendiri. Dari situ mulai menganalisa sih, dari pola makan atau deterjen buat cuci kali yah, aku cari-cari insights sana sini.

Akhirnya dua 3 tahun lalu, sempet ngerasa stress banget dan mulai agak membuat hipotesis sendiri. Kenapa setiap ada pikiran atau stress yang agak lumayan berat ini gatel kok selalu muncul? Kalo pikiran lagi tenang, sugesti lagi biasa aja, less stres jutru mulus sama sekali enggak gatel atau gak ada bekas merah biang keringet ini.

Tapi lama kelamaan ternyata iya.

Currently feels the same phase, lagi stress urus ini itu entah kerjaan, persiapan pernikahan, keluarga, lagi tumplek blek banget si biang keringet ini muncul terus gak ilang-ilang di tempat yang berbeda dan lebih besar dari biasanya. Akhirnya karena enggak tahan sama gatelnya, yang aku lakuin cuman :

  • jangan di garuk (nanti berbekas)
  • mandi bersih
  • kasih bedak baby atau bedak gatel semacam Salicyl
  • distraction : alihin pikiran dengan ngalihin ke nulis misalnya

Kalo perlu : LIBURAN! Is the best medicine for your mind hahaha

Alhamdulillah mendingan, walaupun sering muncul-ilang-muncul-ilang.

Oke, we have to deal with it!

Kalian ada yang ngalamin sama kaya aku gak? Sharing dong…

Karin

Leave a Reply

Scroll Up