DAMAI DENGAN IBU : KONFLIK IBU DAN ANAK, YANG MENJADI SEORANG IBU

Siapa disini yang tidak pernah mempunyai konflik dengan ibu?

Hubungan ibu dan anak sudah pasti diwarnai dengan perbedaan pendapat. Mulai dari kita bisa berbicara, sampai akhirnya kita bisa mengambil keputusan sendiri. Seperti aku dulu, saat memutuskan untuk menikah dengan style yang aku inginkan. Tapi Mama berbeda pendapat yang akhirnya muncul konflik yang bercampur emosi. Sayangnya kita berdua kalo berkonflik pasti pakai air mata, dibandingkan urat hehehe. Kalo dua-duanya udah sama-sama nangis, aku merasa yang harus mengalah. Juga karena masalah gak akan selesai hanya dengan menangis. Ego satu-persatu diturunkan, akhirnya disini aku mulai mengalah. Bahwa disini bukan hanya ada kebahagiaan aku, tapi juga ada kebahagiaan mama.

Tidak berhenti pada pernikahan saja, justru konflik baru akan muncul nanti ketika aku sudah melahirkan seorang anak. Anak pertamaku, cucu pertama mama. Soal memberikan ASI atau susu formula, anak dibedong dan tidak dibedong, makan BLW atau pure dan masalah-masalah lainnya. Karena mama dengan perannya yang sudah berkali-kali melahirkan dan membesarkan anaknya pasti ingin beberapa pengalamannya bisa dijadikan bahan acuan.

Damai Dengan Ibu

Seperti film pendek yang aku tonton ini, sarat akan pesan pesan moral dan bekal aku sebagai calon ibu kelak. Dalam film berdurasi 10 menit tersebut, diceritakan tentang seorang wanita muda bernama Mia – diperankan oleh Dewi Pratiwi (@dpratiwi24) – yang baru saja memasuki dunia baru menjadi seorang ibu. Banyak perbedaan pendapat antara Mia dan ibunya, Ibu Nis – diperankan oleh Putri Ayudya (@_kuejahe) – tentang cara mengurus anak akibat gap generasi diantara keduanya.

Setelah mendengar penuturan asisten rumah tangganya, Mbok Inah – diperankan Imelda Dwi (@lensajalanjalan.id) – tentang perjuangan sang ibu saat melahirkan dan membesarkan Mia sendirian, Mia pun menyadari bahwa setiap ibu memiliki perjuangannya masing-masing. Beruntung, saat menyandang status sebagai ibu baru, Mia senantiasa mendapat support suami Mia, Jun – diperankan oleh Fauzan Alfathan (@fauzanalfathan).

Kamu juga bisa nonton filmnya disini :

Dibalik Pembuatan Film “Damai Dengan Ibu”

Dear Moms sebuah channel youtube komunitas para ibu Indonesia, baru saja meluncurkan short movie special Hari Ibu terbarunya berjudul Damai Dengan Ibu (DDI). Film yang disutradarai dua content creator yang juga pasangan suami-istri, Benazio Rizki Putra (@benakribo) dan Vendryana Ayu Larasati (@vendryana) ini, terwujud berkat dukungan IVG Production (@ivgproduction), yang merupakan tim produksi dari film pendek DDI.

Alasan di balik pembuatan film tersebut, dijelaskan oleh Vendryana – Founder Dearmoms.id juga Co-Director film DDI – adalah untuk mengangkat salah satu fakta permasalahan yang dialami ibu-ibu baru zaman sekarang. Faktanya, banyak di antara mereka yang mengalami konflik batin saat menghadapi masalah-masalah pascamelahirkan juga perbedaan prinsip pengasuhan dengan orang tuanya.

Tak berhenti pada permasalahan ibu milenial yang clueless saat menghadapi masalah pengasuhan saja, masih banyak kendala yang dihadapi ibu baru pascamelahirkan. Salah satunya, perasaan yang lebih sensitif dan perubahan mood yang dapat terjadi sewaktu-waktu. “Memang, saat awal-awal menjadi ibu, aku merasa jadi lebih sensitif sama orang-orang yang ‘terlalu peduli’ sama anakku, bahkan sama mamaku,” tambah Vendryana. Tapi untungnya, mamaku termasuk ibu yang terbuka pikirannya,” tukas Vendryana.

Berbekal pengalaman beberapa ibu milenial yang dikenal Vendryana, juga sedikit pengalamannya sendiri, tercetuslah ide skenario film pendek Damai Dengan Ibu (DDI).

Crew IVG production selaku tim yang ikut membuat film pendek ini berharap akan lebih banyak karya yang diproduksi oleh IVG. Benazio Rizki Putra, selaku sutradara film pendek DDI menyatakan, “Harapan gue supaya pesannya bisa sampai nggak cuma ke para ibu saja, tapi juga buat kita semua, anak-anak dari ibu kita. Supaya kita tetap menghargai kerja keras dan perjuangan ibu kita. Semoga short movie ini bisa memberikan warna yang baru di dunia youtube yang menurut gue mayoritas isinya masih lebih banyak hiburan”. Setelah film pendek ini diunggah ke youtube, dalam waktu 1 hari, film pendek Damai Dengan Ibu berhasil masuk trending video di Youtube Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Untuk mendukung promosi film pendek ini, Dearmoms juga berkolaborasi dengan Junia Pics sebagai Photography Partner, @seratuskapas sebagai Wardrobe Partner, @brigettabel & @mich.makeupartist sebagai MUA Partner dan @zviaofficial sebagai Hijab Partner untuk melakukan photoshoot dengan 7 orang influencer dan Public Figure bersama Ibunya, diantaranya: Andien, Ayudia, Raya Kohandi, Nesya dari Productive Mamas, ibunda dari Ayasha Putri yaitu Adinda, Cindy dari lifeatarcilland termasuk Vendryana sendiri. Ketujuh influencer tersebut membantu dalam hal buzzing movement #DamaiDenganIbu melalui cerita pengalaman konflik mereka dengan Ibunya di social media para influencer untuk mengajak followers mereka untuk ikut meramaikan movement ini. Tak lupa, PT Rumah Kreatif IVG juga berterimakasih kepada Rumah Sakit Kartini – Jakarta dan Rumah Bersalin Bidan Anis Nur Satrya yang telah menjadi lokasi syuting film pendek DDI.

Review Film

Film pendek ini sangat amat menyentuh perasaan. Baik yang sudah mempunyai anak, sedang mengandung, baru menikah, bahkan yang belum menikah sekalipun aku sarankan untuk nonton film pendek ini. Sarat akan makna, bahwa kita juga tidak bisa mengabaikan orang tua kita yang terlebih dahulu melahirkan kita ke dunia dengan pola pengasuhan yang pernah ia lakukan di zaman dulu. Mungkin banyak yang sudah berkembang, tapi kita juga tidak bisa menutup mata begitu saja kalau pola pengasuhan jaman dulu sama sekali tidak bisa digunakan.

Belum terpikirkan juga, nanti ketika aku sudah menjadi ibu akan mengadopsi asuhan seperti apa, menjadi ibu yang bagaimana, dan sumber apa yang akan dijadikan acuan. Mungkin bisa mulai dipikirkan dari sekarang kali yaa. Mulai banyak cari info seputar parenting dan kiblatnya kemana.

Duh, abis nonton ini langsung pengen ketemu dan peluk mama, karena adanya suami yaudah peluk suami aja hehehe. Semangat ibu, ibu muda, dan calon ibu di luar sana!

Tentang Dearmoms

Dearmoms.id adalah channel youtube komunitas para ibu Indonesia. Channel ini merupakan bagian dari PT Rumah Kreatif IVG, yang juga menaungi komunitas video singkat terbesar di Indonesia, @indovidgram. Channel Dearmoms telah hadir sejak Februari 2017, serta telah banyak membahas banyak hal tentang kehidupan dan kekhawatiran seorang ibu dalam format video-video ringan, informatif dan menghibur. Oh iya, untuk mommy-mommy juga bisa ikutan #DearMomsSquad loh, banyak kegiatan-kegiatan seru juga bersama ibu dan si buah hati seluruh Indonesia. Cari tahu melalui  fanpage Facebooknya di : facebook.com/dearmoms.id, Follow Instagramnya di : instagram.com/dearmoms.id dan channel Youtubenya di: youtube.com/dearmoms.

HAPPY MOTHERS DAY!

Leave a Reply

Scroll Up