DIGITAL 101 WITH GOOGLE INDONESIA : Youtube Ads

24 Mei 2017 lalu, aku berkesempatan dateng ke kantornya Google Indonesia untuk ikutan seminar Digital 101. Siapa sih yang gak seneng bisa main sekaligus dapet ilmu si kantor nya mba gugel?

Literally main sih enggak, karena pas request pengen office tour gak di izinin. Bisa masuk kesini aja udah seneng, gimana kalo kerja disini? Eh ups!

Kantorku bergerak dibidang jasa yang berhubungan dengan media dan digital. Thats why, aku dikirim kesini untuk menyerap ilmunya.

Kalian berasa gak sih kalo online sudah merubah perilaku kita? Dari mulai bangun tidur, ke kantor, makan, tidur, berpergian. Apapun pasti kita di drive sama yang namanya internet. Termasuk kalian baca tulisan aku, pake internet kan?

online has change our behavior = people go online almost everything goes online, right?

72bio search conduct with Google everyday and 100mio internet user.

Bisa bayangin gak sebanyak apa pengguna internet sekarang? Wajar kan, adik-adik kita, keponakan, anak-anak kita pasti sudah mengenal bahkan bisa ketergantungan dengan internet.

Sekarang berapa kali dalam sehari kita melihat layar PC atau paling sering HP?

150kali

WOW! Bahkan kayanya bisa lebih yah kalau sudah berhubungan dengan bisnis online. Mimin-mimin online shop pasti 3 kali lebih sering lihat layar HP ketimbang user biasa.

21% setiap tahunnya mengalami kenaikan pembelian online, itu sudah berdasarkan survey(yang dari pihak Google sebutin, aku lupa namanya). Pada awal 2011/2012, kejayaan bisnis online masih diragukan. Tapi karena semakin tahun pertumbuhan buyer & seller online semakin pesat. Sehingga banyak sekali pengusaha yang justru start bisnisnha di online dulu baru lari offline. Kita tahun sendiri bisnis online tingkat resiko kerugiannya besar ya, harus modal tempat dll.

Dengan didukung fasilitas dari platform-platform media social untuk beriklan, promosi semakin mudah. Salah satunya dengan iklan di youtube. Orang akan dengan sadar membuka youtube untuk menonton. Sehingga beriklan di youtube dirasa cukup berhasil. Target usianya pun di 18-34 th rata-rata. Untuk beberapa brand mungkin beranggapan “wah targetnya terlalu muda, gak cocok sama pasar kita” belum tentu. Justru target usia youtube adalah usia dimana pendapatnya dapat di pertimbangkan. Apakah karena konten iklan nya lucu, seru, keren, yang nempel di kepala target sehingga target bisa memberikan sugesti untuk membeli atau memakai sebuah barang yang ia lihat di youtube.

Udah tau belum nama jenis-jenis iklan di youtube apa aja?

– True view skippable

Ini iklan yang biasanya kita tunggu kurang lebih 3-5 detik, lalu muncul skip ad button.

– Unskippable (20s)

Nah kalo iklan ini, yang memang memblok mata kita untuk menonton 20 detik iklan dengan konten yang belum tentu kita suka sehingga sulit di skip jati terpaksa ditonton.

– Bumper ads (6s)

Biasanya ini ringkasan dari campaign iklan yang sudah berjalan. Atau memang iklan hanya di buat bumper yang pendek dengan pesan yang singkat namun pesan nya mudah tersampaikan.

– Mastheads = banner youtube

Kalo kalian buka home youtube, dan melihat banner di paling atas. Itu namanya Mastheads atau banner youtube. Kadang hanya visual statis kadang juga berbentuk video motion.



Yang seru dari sini adalah bertemu pekerja-pekerja muda milennialls yang melek digital dengan speed yang cepat dan mudah berubah. Digital makes me us!

Thank you, Google!

Semoga bermanfaat ya guys…

xoxo,

karin

4 Comments

    1. karinakamil

      June 2, 2017 at 3:59 am

      bangeeet, nanti kalo google bikin acara lagi ikutan ajaaa.. free kok! πŸ™‚

  1. Anggi Tanjung

    June 2, 2017 at 5:12 am

    Loh kok sama, Pak Tommy jg dikirim kantornya ke seminar ini *nyarinyari mana fotonya kali aja nyempil*

    1. karinakamil

      June 2, 2017 at 5:15 am

      serius? kok enggak ketemu pak tommy? apa kita beda ruangan kali yah, soalnya ada 2 ruangan deh kayanya sempet takut salah ruangan juga wkwk

Leave a Reply

Scroll Up