teamLab Future Park Jakarta
Lifestyle

Family Time di TeamLab Future Park Jakarta

June 26, 2019

Tertarik untuk mengunjungi musium sience yang ada di Jepang atau Singapura? Sekarang sudah ada di Jakarta.

Menyenangkan sekali ya melihatnya di instagram, bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan waktu bersama sambil belajar. Wisata edukasi ini adalah liburan idaman bagi saya, karena bisa mengenalkan anak-anak bahwa ilmu pengetahuan itu bisa didapat dari manapun.

teamLab Future Park Jakarta

Pada tanggal 20 Juni 2019 pameran kelas dunia, ‘teamLab Future Park’ resmi dibuka. Sebelumnya tanggal 18 Juni 2019 saya, teman-teman blogger dan media berkesempatan menjadi 1st preview pameran ini. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Bapak Triawan Munaf, didampingi oleh CEO teamLab Kids, Akitae Matsumoto, CEO SGE Live, Mervi Sumali, dan CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari. 

Jika disini pembaca saya ada yang diluar kota Jakarta dan tertarik untuk hadir ke pameran ini, bisa dipersiapkan dengan baik. Karena rentang waktu pameran yang cukup panjang. ‘teamLab Future Park’ ini dibuka untuk umum mulai 20 Juni hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.

Sekilas tentang teamLab, ini adalah sebuah kelompok seni kolektif, grup interdisipliner yang terdiri atas berbagai teknolog ultra yang melakukan kegiatan kolaboratif untuk memadukan seni, ilmu pengetahuan, teknologi, desain, dana lam. Terdiri dari berbagai spesialis seperti seniman, pembuat program, insinyur, animator, ahli matematika, dan arsitek.

teamLab Future Park’ merupakan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). Konsep ini akan menghadirkan pengalaman kreatif dan memungkinkan pengunjung untuk berkolaborasi dan menciptakan karya seni baru.

Panelis konferensi pers pembukaan teamLab Future Park Jakarta.

Menurut CEO SGE Live, Mervi Sumali beliau dan tim sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. Karena pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di tanah air.

Sedangkan Akitae Matsumoto, CEO teamLab Kids mengatakan, dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif. Beliau sangat konsen terhadap perkembangan stimulasi anak.

teamLab Future Park Jakarta.
CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari, teamLab Kids, Akitae Matsumoto, dan CEO SGE Live, Mervi Sumali.

teamLab Future Park hadir di Gandaria City dengan area seluas 2.000 meter persegi di dalam mall Gandaria City Kebayoran, Jakarta Selatan lantai, 2 mempersembahkan 5 instalasi interaktif, yaitu : Lima instalasi digital yang berbeda akan dihadirkan dalam pameran ini dan terdiri dari Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra.

Animals of Flowers, Symbiotic Lives 

Saya suka di instalasi ini. Konsep hidup dan mati itu dekat, sekalian sebagai pengingat hidup di dunia juga singkat. Agak berat ya? Gak apa-apa, sekali-sekali.

teamLab, 2017, Seni Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi

Ini adalah area instalasi pertama yang saya masuki. Di area ini terdapat bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Bunga-bunga bertunas, mekar, menyebar, dan menghilang. Ketika pengunjung menyentuh binatang di instalasi ini, bunga-bunga akan menyebar. Ketika bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang.

Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

In frame Ibu dan Buaya alias Ibu Aya hehe.

teamLab, 2018, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi

Pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang digambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan. Pada saat ada binatang yang kita gambar memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna.

Diinstalasi ini kita bisa berkolaborasi membuat karya baru. Pengunjung dipersilahkan mewarnai gambar binatang yang ada di ekosistem ini, lalu di scan dan masuk ke dalam grafis. Seperti kupu-kupu yang saya buat dibawah ini.

Saya mewarnai kupu-kupu Semesta.

Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.

Sliding through the Fruit Field

teamlab Future Park Jakarta.
Permainan Sliding memang menyenangkan ya! Pantesan anak-anak pada suka, ya ibunya juga suka kok hehehe.

teamLab, 2016, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh teamLab

Ini adalah tempat meluncur di mana buah-buahan bertumbuh. Instalasi ini pasti akan menjadi favorit setiap pengunjung yang datang. Berbagai jenis buah tumbuh di permukaan miring ini. Bola-bola juga memantul ke sana kemari. Kamu bertindak sebagai sinar matahari, dan meluncur menuruni lereng ini. Ketika tubuhmu bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar mataharimu akan tertransfer ke bola-bola tersebut, sehingga mereka akan terpental ke berbagai arah. Ketika bola-bola bertabrakan dengan buah, buah akan mulai bertumbuh.

Setiap bola memiliki peran yang berbeda-beda, tergantung dari warnanya. Sebagai contoh, bola biru melambangkan air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar. Ketika bola kuning bercorak lebah madu menyentuh bunga, maka bunga akan diserbuki dan akan berbuah. Ketika buah terkena bola, benih baru ditaburkan, dan menghadirkan kehidupan yang baru.

Sketch Aquarium

teamlab Future Park Jakarta.
Ini penampakan GIF yang saya buat ketika memasuki area Sketch Aquarium di Future Park Jakarta.

teamLab, 2013, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi, teamLab

Pengunjung diajak untuk menggambar hewan laut sesuai imajinasi mereka dan akan ditampilkan di akuarium raksasa di mana hasil karya mereka menjadi hidup dan bisa berenang serta bereaksi terhadap sentuhan.

Light Ball Orchestra

teamLab, 2013, Instalasi Interaktif, Suara oleh teamLab

Gelindingkan bola-bola cahaya ini untuk mengubah warna dan suaranya, sehingga bola-bola ini akan membentuk sebuah orkestra!

Bola-bola yang berada di atas kepala aku ini saling terhubung satu sama lain; jika saya menyentuh satu bola, maka bola-bola di sekitarnya akan terpengaruh, sehingga warnanya akan berubah ke seluruh ruang.

Di dalam ruangan ini, kamu bebar bergerak dan berekspresi membuat alunan musik yang seru dan menyenangkan.

Do’s:

  • Gunakan kaos kaki yang berkaret khusus untuk anak-anak karena saat menaiki tangga agak gelap dan licin.
  • Gunakan sepatu sandal atau yang mudah dilepas pasang.
  • Gunakan tas berukuran kecil atau sling, agar lebih mudah bergerak atau sesekali dititipkan saat memasuki instalasi tertentu.

Dont’s:

  • Jangan gunakan rok di instalasi Sliding jika tidak ingin tersibak saat menikmati seluncuran interaktif.
  • Jangan mengganggu kenyamanan orang lain, berganti-gantianlah disetiap instalasi
  • Jangan melebihi waktu yang ditentukan, agar selalu tercipta suasana yang kondusif di dalam pameran.

Harga tiket dan jadwal pameran berdasarkan Sesi berikut:

Pameran dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi – 10 malam dan dibagi menjadi 8 sesi yang memiliki batas maksimum pengunjung. Setiap pengunjung hanya diberikan waktu 1,5 jam untuk menikmati semua instalasi disana.

  1. 10.00 – 11.30
  2. 11.30 – 13.00
  3. 13.00 – 14.30
  4. 14.30 – 16.00
  5. 16.00 – 17.30
  6. 17.30 – 19.00
  7. 19.00 – 20.30
  8. 20.30 – 22.00

Pembelian Tiket Fase 1 (Periode : 20 Juni – 19 Juli 2019)

Pembelian tiket fase pertama dikhususkan bagi pengguna kartu debit atau kredit BCA dengan harga khusus. 

(sumber: https://www.instagram.com/futureparkjakarta/)

Harga di atas di luar pajak 10% dan biaya administrasi

Untuk informasi mengenai pembelian tiket fase selanjutnya, silahkan kunjungi instagram @futureparkjakarta atau official website SGE.

Karya- karya teamLab berada dalam koleksi permanen Art Gallery of New South Wales, Sydney, Art Gallery of South Australia, Adelaide; Asian Art Museum, San Fransisco; Asia Society Museum, New York; Borusan Contemporary Art Collection, Istanbul; National Gallery of Victoria, Melbourne, dan Amos Rex, Helsinki.

teamLab

Jadi, tertarik untuk Family Time di teamLab Future Park Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *