IBU BARU, BERIKUT CARA MENGETAHUI BAYI KOLIK

Berlabel ibu baru tentu banyak sekali penyesuain diri dengan lingkungan dan si buah hati. Apalagi jika menghadapi kondisi tertentu, seperti menerka-nerka jika ada ketidaknyamanan pada anak. Satu-satunya cara berkomunikasi si Kecil hanya dengan menangis. Yang pertama kali harus di cek adalah apakah dia lapar atau popoknya sudah tidak nyaman. Namun jika masih menangis terus menerus dan tidak kunjung berhenti setelah semuanya di cek? Bisa jadi bayi kamu Kolik.

Tanda-tanda Kolik

Apa itu kolik? Kolik adalah kondisi bayi yang menangis terus menerus tanpa kita ketahui penyebabnya. Biasanya ini terjadi pada bayi dibawah 5 bulan. Penyebab pastinya belum diketahui, bisa jadi karena pola makan ibu(banyak makan makanan yang mengandung gas, susu sapi termasuk) atau pelekatan saat menyusui juga kadar laktosa yang sulit dicerna.

Ciri-cirinya:

– Menangis dengan kencang selama lebih dari 2 jam. Tangisan akan semakin parah di sore dan malam hari.
– Wajah si Kecil kemerahan
– Tangannya mengepal
– Perutnya mengeras

  1. Jangan Panik!

Menghadapi new born yang menangis secara tiba-tiba atau tak kunjung berhenti setelah menyusui ataupun mengganti popoknya pasti membuat ibu kebingungan. Apa sebenarnya yang anak rasakan? Tenang, bu! Dengan tidak stress atau panik kita bisa mencari tahu penyebabnya. Jangan juga merasa tidak mengurus anak dengan benar karena masih menyandang status ibu baru, sehingga ibu jadi berpikir kesana-kemari.

Baca juga: AGAR TIDAK MINIM NUTRISI SAAT HAMIL DAN MENYUSUI

2. Hangatkan Bagian Perut dengan Minyak Telon

Oleskan minyak telon pada bagian bawah pusar si Kecil dan pijat lenbut searah jarum jam melingkari pusar. Perhatikan ekpresi si Kecil saat di pjat. Gendong dan tenangkan kembali. Biasanya akan mengeluarkan gas beberapa saat setelah dipijat, ini akan mengurangi ketidaknyamanan pada perutnya.

3. Perbaiki Pelekatan Saat Menyusui dan Pola Makan Ibu

Perhatikan kembali pelekatan pada areola atau dotnya. Jika bayi melekat dengan benar dan posisi tubuh tegak saat menyusui. Terkadang ini yang suka terlupakan ketika si Kecil sudah kehausan. Sudah melekat dengan benar dan posisi badan menghadap ibu dengan tegak seperti berdiri.

4. Pijat Bayi Dengan Lembut Sebelum Mandi

Pijatan ini disebut pijat I Love U. Dilakukan dibagian perut sekitar pusar sama dengan pijat arah jarum jam. Pijatan I di kiri pusar dari atas kebawah. Pijatan L dari perut bagian kanan atas membentuk huruf L kebawah kiri pusar bagian kiri. Sedangkan pijatan U melingkari pusar dari atas bagian kiri menuju perut bagian kanan.

5. Tummy Time!

Jika si Kecil sudah berumur lebih dari 1 bulan, ibu bisa terngkurapkan saat dia sedang tidak tidur. Karena dengan tengkurap, cepat mengkosongkan perutnya untuk mencegah kolik.

Jika ibu sudah mencoba semuanya diatas dan gejala lainnya timbul seperti muntah-muntah atau lainnya. Segera konsultasikan ke dokter spesialis anak.

1 Comment

  1. Mengenal dan Menangani Sembeli Pada Bayi bersama Interlac | Karina Kamil

    December 14, 2018 at 11:38 pm

    […] Baca juga: Ibu Baru, Berikut Cara Mengetahui Bayi Kolik […]

Leave a Reply

Scroll Up