IDE MENU SHARING UNTUK BUKBER DI GASTROMAQUIA JAKARTA

Dalam hitungan minggu, kita akan memasuki 1 Ramadhan 1439 H. Tidak terasa dan alhamdulillah kita bisa dipertemukan kembali dengan bulan penuh berkah ini. Sudah dipastikan juga segala macam tradisi apalagi bukber, dengan teman-teman dan sahabat mulai dari TK sampai dengan teman-teman sekantor. Wajib terjadi satu tahun sekali di bulan puasa. Tapi justru setelah buka puasa, hasrat makan tidak terlalu banyak. Nah kali ini aku akan kasih kamu referensi tempat plus menu sharing makan untuk bukber.

Gastromaquia Jakarta

Sedikit cerita tentang Gastromaquia. Resto modern Spanish dari Madrid ini milik Mr. Alan, yang hobinya traveling. Beliau adalah seorang pengusaha, yang sebelumnya tidak memiliki usaha kuliner sama sekali. Hmm… Tertantanglah beliau ketika berkunjung ke Madrid, Spanyol mendatangi sebuah resto yang namanya Gastromaquia. Dari sinilah akhirnya dia memutuskan untuk membuat resto ini di Jakarta. Rasanya tentu disesuaikan dengan lidah Indonesia. Jadi jangan khawatir untuk makan di Gastromaquia Jakarta akan makan makanan yang terlalu Spanyol. Karena nasinya sekalipun sudah dikawinkan dengan nasi Indonesia.

Menu Ramadhan Yu Shang Gastromaquia Jakarta

Sesenang itu ketika dapet kabar dari ClozetteID aku dikasih kesempatan untuk review makanan di Gastromaquia. Mendadak jadi food blogger, gak ada persiapan apa-apa. Kucluk-kucluk dateng ke sana. Salahnya brief enggak di baca baik-baik alhasil nunggu kurang lebih 2 jam hehehe. Jadi harusnya sebelum datang aku reservasi dulu, booking untuk menu Ramadhan Yu Shang ini. Kenapa? Karena untuk menu ini mereka hanya menyajikan lauk-lauk yang fresh. Tidak ada sistem diangetin dulu gitu baru disajikan. Tapi dengan semangat, aku nunggu aja karena penasaran banget sama menu ini.

Kisi-kisinya(kek ujian yaak) udah dapet dari temen-temen blogger yang duluan kesana. Yakin juga aku bakal suka, karena menu Ramadhan Yu Shang ini adalah masakan makanan rumahan. Sangat tepat menurut aku menu seperti ini untuk disajikan di bulan Ramadhan. Apalagi tinggal di ibu kota, sebagian dari orangnya pasti pendatang yang mudiknya setahun-sekali. Pasti kangen banget sama makanan rumahan. Kalo makanan fancy lainnya mah bukan bulan puasa juga udah sering makan pasti kan?

Ini dia penampakan menu Ramadhan Yu Shang. Mewah banget parah yaa…

Ketika Mas Nathan(waitress dari Gastromaquia) datang mengantarkan makanan ini. Gilak, langsung ngerasa laper lagi. Padahal selama nunggu makanan ini di masak, aku udah makan 1 porsi nasi dan 1 botol susu. Tapi siapa yang tidak tergoda dengan makanan sederhana namun nikmat tiada dua.

Sekilas memang terlihat seperti nasi tumpeng atau uduk yang dikelilingi oleh lauk-lauk, diantaranya:

Ikan Teri, Tempe Orek, Oseng Tahu & Kacang Panjang, Kentang Balado, Telur Dadar Iris, Serundeng, Tumis Bawang, Tumis Cabai, Tumis Tomat, Kerupuk, Ayam Goreng, Ikan Goreng. *menu silahkan di tanyakan langsung ke pihak resto ketika kamu akan melakukan reserasi ya. Karena bisa jadi pas ramadhan ada menu lain yang lebih endolita~

Untuk menu pendampingnya ini disesuikan dengan porsinya. Menu Ramadhan Yu Shang ini dalam satu baki bisa 4-5 minimal 4 orang untuk pesan menu ini. Jangan pikir aku makan ini semua sendiri ya hahaha. Aku kesini bersama 2 teman bloggerku yang lain.

Untuk 1 porsi menu Yu Shang dengan minimal 4 pax, dibaderoli harga Rp. 85.000/pax/person. Jadi kalau lebih dari 4 orang nanti lauk dan nasinya juga disesuaikan dengan peserta bukber.

Apakah langsung disantap begitu saja? Tidak dong, cara makannya ini berbeda. Sebelumnya, Yu Shang atau kalau menurut tradisi Chinesee itu adalah Yu Sheng. Makanan khas yang biasanya dimakan ketika tahun baru Imlek atau perayaan tertentu Yu Sheng merupakan makanan berbahan baku utama ikan dan sayuran. Kedua bahan tersebut kemudian diberi bumbu-bumbu semisal kayu manis, wijen, kerupuk, minyak ayam, lada putih dan saus plum. Salmon menjadi ikan langganan yang digunakan dalam hidangan tersebut.

Menyantap Yu Sheng juga tidak boleh sembarangan. Berdasarkan tradisi, sebelum menyantap hidangan diharuskan menuangkan taburan bumbu. Selain itu proses pengadukan makanan juga harus diangkat setinggi mungkin. Sama dengan tradisi Yu Sheng. Menu Ramadhan Yu Shang itu juga harus menggunakan bahan-bahan makanan yang fresh seperti yang tadi aku sebutkan. Menyantapnya juga dengan cara di aduk terlebih dahulu, sampai semua lauk tercampur, kecuali ayam goreng dan ikan gorengnya. Sehingga cita rasa semua tercampur. Khususnya bumbu tambahan seperti Tumis Bawang, Tumis Cabai dan Tumis Tomat.

Ini dia menu Yu Shang yang suda di aduk. Kalau kalian suka nonton drama Korea, pasti familiar dengan nasi campur khas mereka. Kurang lebih hampir sama, rasanya tidak bisa dideskripsikan saking enaknya.
Itu Equil ya beb, inget bukan bir. Aku bukan Ahok hahaha

Nikmat seperti inilah yang cocok banget dirasakan ketika bukber. Menu bukber yang berlebihan justru bukan bikin perut kenyang. Malahan begah enggak jelas. Selain makanan ini, di Gastromaquia juga menyediakan menu lainnya yang bisa tetap kamu pesan. Untuk takjil khususnya, mereka mempunya dessert panacotta yang harus kamu coba. Sayang enggak ada fotonya yah hehehe.

Selain makanan diatas, sebagai bumil yang enggak tau apa itu arti kenyang. Aku order 1 makanan lagi yang karbo juga(pokoknya waktu itu anak aku makan karbo terus biar cepet gede hahaha). Makanan yang agak Spanyol lah ya sedikit, tapi aslinya dari Itali hehehe

Aku lupa apa nama menunya, yang pasti ini Fettucini, dengan saus carbonara.

Saranku nanti, ketika bukber. Pesan menu selain Yu Shang ini 1 atau 2 menu yang berbeda. Jadi masing-masing dari kalian bisa icip-icip, tukeran makanan.

Oh iya satu hal lagi yang penting. Bukber adalah saatnya berkumpul dan kamu pasti butuh tempat yang cukup luas untuk duduk dan tempat yang instagramable untuk foto-foto kan? Pasti, gak mungkin dari kita enggak mau share moment setahun sekali seperti ini ke social media. Di Gastromaquia, tempatnya cocok banget buat anak-anak milennial kantoran maupun kuliahan.

Buat kamu yang belum pernah kesini, Gastromaquia terdiri dari 2 lantai. Nah yang bawah ini ada lounge nya gitu. Untuk tempat yang lebih luas aku saranin kamu reserve yang lantai 2 karena lebih luas. Amazed banget, ketika masuk toiletnya. Dingin cuy enaQ, toilet ada AC nya. Jadi enggak akan kegerahan kalau mau lama-lama di toilet hahaha.

Mandatory mirror selfie at restroom XD

Tempatnya pun sungguh instagramable, karena aku pun sampe foto-foto banyak banget disini dong. Serius, kalo kesini kudu banyak foto-foto ya selain menu bukber yang ciamik, tempat yang nyaman, dan instagramable background. Pasti jadi list cari tempat untuk bukber adalah hal-hal yang aku sebutin tadi. Pasti banget, milennials dan gen Z saat ini akan saling sharing foto di dunia maya.

In frame: Karina Kamil, Fazkya Zalicka, Tifany Dheanisa

Kesimpulan

Untuk booking menu bukber bareng teman-teman lama atau temen-temen baru di Gastromaquia, kamu harus

  1. Lakukan reservasi H-1 ya. Karena menu bukber Yu Shang tadi disajikan masih fresh dan hangat. Jadi jangan sampai mepet udah deket waktu buka puasanya baru kamu datang. Sekaligus kamu pesan tempat sesuai dengan berapa peserta geng bukber kamu.
  2. Selain itu juga share menu Yu Shang ini akan mendapatkan lauk apa saja dan berapa perporsinya ke temen-temen kamu.
  3. Biar keabagian tempat. Rencanakan bukber dari sekarang, jadi kamu udah bisa booking dan tentuin patungan berapa /personnya.
  4. Lebih lengkapnya kamu cek instagram @gastromaquia karena disana juga banyak banget menu-menu yang lainnya yang bisa di pesan. Atau kamu bisa langsung datang sekaligus nongkrong makan siang atau diner di:

Gastromaquia Jakarta

Jl CIniru I no. 1

Kebayoran Baru. Jakarta

Selatan 12810, Indonesia

+622129305091

info@gastromaquia.com

Semoga ramadhan kita yang sebentar lagi akan datang menjadi keberkahan yaa.. Yang belum lunasin puasanya ayooo buruan mumpung masih bisa. Happy reading, happy tummy!

xoxo,

karin

Leave a Reply

Scroll Up