MAKANAN HARUS SESUAI GOLONGAN DARAH?

Aku susah banget nambahin berat badan, asli susah. Banyak banget yang bilang “Enak banget sih makannya banyak tapi badannya segitu-gitu aja.” Padahal kepengen banget enggak kurus-kurus amat. Sampai tiba di usia 20an, berat badan mulai berangsur-angsur naik karena faktor pekerjaan yang mengharuskan banget begadang. Otomatis makan harus banyak dong? Itu aja yang ada di pikiran aku. Makan apa aja yang ada dan dijual di sekitar kantor, such as : tongseng, ketoprak, roti bakar, warteg dll.

Wah seneng bangeeeeeett, akhirnya berat badan naik sampai 55kg (karena biasanya mentok di 45kg aja) dan berakhirlah di rumah sakit. Karena maag, makan sembarangan saking kepengen gemukan dan diindikasi adanya batu di kantung empedu yang alhamdulillah di angkat atas saran dokter. Ternyata makanan yang selama ini aku makan enggak baik nutrisinya untuk badan, jadi naik berat badan tapi enggak sehat. Yang ada gendut gak karuan, ditambah enggak pernah olahraga. Ini udah salah banget deh!

Lately ngobrol sama temen kantor yang melakukan diet. Dia melakukan diet mayo, tau dong diet mayo? Makanan nya gak di campur perasa garam yang dilakukan selama kurang lebih 13 hari. Sejujurnya kalo aku melakukan diet itu, udah nyerah kali di hari kedua. Anaknya micin banget! Tapi selain itu, diet juga di dukung dengan jenis makanan apa yang sesuai dengan jenis golongan darah kita. Ini sejujurnya aku baru tau, selama ini makanan apapun gak ada yang dipantang kecuali yang memicu alergi.

Ternyata jenis golongan darah juga berpengaruh terhadap kesehatan kita, terutama berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Pilih jenis makanan sesuai sama golongan darah itu baik untuk kualitas gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Tulisan ini aku buat untuk self reminder ke diri sendiri juga, sambil terus belajar sedikit-sedikit menerapkan pola ini.

Apa aja sih jenis makanan yang dibutuhkan sesuai golongan darah? Disadur dari Tempo.co ini dia diantaranya :

Golongan darah A
Kamu dengan golongan darah A agar fisik tetap kuat, membutuhkan banyak nutrisi dari karbohidrat. Karena mereka sangat memiliki tingkat asam klorida rendah, sehingga sangat sulit untuk mencerna dan memetabolisme makanan yang mengandung protein hewani dan lemak. 

Note : Golongan darahu A. Disini aku malah mengurangi makan karbo, karena aku ngerasa cepet banget chubby ke pipi kalo kebanyakan makan karbo. Ternyata salah, justru memang membutuhkan nutrisi ini yang sesuai dengan golongan darahku.


Orang dengan golongan darah A harus sering mengkonsumsi protein nabati seperti kedelai, biji-bijian dan sayuran pada siang hari. Siasati dengan susu kedelai sepertinya sudah cukup sih, banyak di warung waralaba cari yang pengawetnya sedikit yah. Makan buah-buahan yang bersifat alkali juga sangat penting, seperti apel, tanggal, berry, peach, dan lainnya.
Golongan darah A juga harus menghindari pepaya, mangga dan jeruk. Karena itu akan mempengaruhi sistem pencernaan, serta memicu diabetes.

Golongan darah B
Kamu dengan golongan darah B lebih fleksibel dibandingkan mereka yang dengan golongan darah A atau O. Golongan darah B bisa mendapat nutrisi asupan dari protein hewani dan nabati, tapi itu juga harus seimbang.

Orang dengan golongan darah B cenderung lebih mempunyai fisik dan mental yang kuat dibanding jenis darah lainnya. Walaupun kadang-kadang mereka sering mengalami stres, karena menghasilkan kadar kortisol lebih tinggi.
Tapi, orang dengan golongan darah B harus menghindari ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen. Karena akan mempengaruhi proses metabolisme yang mengakibatkan kelelahan, cairan tertahan dan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal.
Pastikan orang dengan golongan darah B harus memiliki asupan yang lebih besar dari daging merah, sayuran hijau, telur dan produk susu yang rendah lemaknya yah.

Golongan darah AB
Orang dengan tipe golongan AB memiliki asam lambung rendah, sehingga harus menghindari makan daging karena sistem pencernaannya sulit menerima makanan itu.
Kamu juga harus menghindari kafein dan alkohol saat mengalami stres. Justru kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan laut, yang merupakan sumber terbaik protein, seperti ikan kakap merah, salmon, sarden dan tuna.

Golongan darah O
Golongan darah O membawa tingkat yang lebih tinggi dari asam, yang mempunyai kemampuan untuk mencerna protein dan lemak dengan mudah. Kolesterol dari produk hewani akan membantu saluran pencernaan dan menyerap kalsium dalam tubuh.


Gak cuma itu, mereka juga alergi terhadap gluten, yang ditemukan dalam susu dan gandum produk. Kembang kol dan kacang dapat menghambat hormon tiroid. Sama dengan golongan darah AB, golongan darah O harus menghindari kafein dan alkohol, karena akan mempengaruhi sistem pencernaan.

Orang dengan golongan darah O boleh mengonsumsi daging sapi, domba, dan ayam dalam diet mereka. Makanan seafood juga sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan produksi hormon. Mereka juga harus makan telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. (Source : Tempo.co)

Inget yah, diet itu mengatur pola makan. Bukan untuk mengurangi berat badan, tapi kalo dibarengin sama olahraga teratur dengan pola makan yang baik pasti bisa dapet berat badan ideal.

Semoga bermanfaat ya, dan bisa diterapkan pada keseharian kita semua termasuk aku. Kalo dietnya bareng-bareng kan enak bisa sharing. Aku lagi maksain diri buat olahraga, karena males banget dan jadi ngantukan banget mau itu tidur cukup sekalipun. Akhirnya nonton youtube olahraga 30 menitan dengan gerakan yang sederhana tapi super duper bisa bikin keringetan.

xo’s
-karin-

1 Comment

  1. Agen Sabung Ayam Terpercaya

    June 10, 2017 at 12:48 pm

    Ternyata usia ayam juga menentukan jenis makanan yang baik untuknnya, oleh karena itu simak lah tips berikut ini http://goo.gl/tGXQga

Leave a Reply

Scroll Up