MENGINAP BERSAMA NEW BORN, INI TIPSNYA!

Merencanakan menginap ke luar kota atau luar negeri, baik itu di rumah sanak saudara ataupun hotel dengan membawa si kecil tidak sembarangan. Harus perhatikan persiapannya demi kenyamanan selama perjalanan dan menginap apalagi bersama new born.

Kemarin, aku baru saja melakukan trip itu. Pergi mengunjungi nenek Semesta, which is mamaku di Bandung. Ini adalah kali pertama perjalanan terjauh dan terlama yang dilalui Sega. Awalnya sempet deg-degan, takut rewel di jalan, takut dia gak nyaman di gendong terus, takut ‘pup’ di kemacetan. Sementara kita tau sendiri jalanan Jakarta – Bandung seperti apa semenjak adanya pembangunan jalan LRT. Tapi optimis pasti bisa.

Aku punya beberapa tips membawa new born dalam perjalanan dan menginap ke luar kota atau ke luar negeri. Simak tipsnya.

1. Berangkat dan Pulang Ketika Jam Tidur atau Setelah Kenyang

Sebelum berangkat pastikan si Kecil nyaman pakainnya(sediakan atau pakaikan baju hangat, topi, selimut bila perlu), kenyang perutnya, usahakan berangkat di jam dia tidur. Jadi selama perjalanan dia nyaman dan tidak rewel. Jika si Kecil pup, ganti di rest area. Jangan menunggu sampai tujuan, jika dirasa akan menempuh kemacetan atau penerbangan yang panjang.

2. Iklim Tujuan sesuaikan Baju Ganti

Sesuaikan tujuan bepergian dengan baju bekal yang akan dibawa. Jika ke daerah yang dingin, bawalah baju yang panjang dan hangat. Jika ke daerah yang agak panas, bawa baju pendek kaos-kaos tipis atau you can see. Jaga agar si Kecil selalu nyaman. Tetapi tetap bawa cadangan baju pendek juga jika ke daerah dingin. Cadangan ketika ternyata kondisi tidak sesuai dengan perkiraan, menjaga agar si Kecil tidak kegerahan.

Ini yang kemarin aku skip, yang tadinya aku pikir Bandung dingin ternyatalagi sepanas itu. Akhirnya aku di supermarket beli kaos singlet untuk Sega di siang hari, sedangkan malam aku pakaikan dia celana pendek tapi tetap diselimuti dengan kain yang dingin seperti kain pantai.

Baca juga: AGAR TIDAK MINIM NUTRISI SAAT HAMIL DAN MENYUSUI

Happy baby! Pertama kali perjalanan jauh selain ke mall.

3. Alat-alat Mandi yang Praktis

Walaupun tidak bisa membawa bak mandinya ketika bepergian. Selain sabun, sampo, dan pembersih lidahnya bawa selalu handuk, alas ganti dan waslap. Jika memungkinkan ada bath up di hotel atau wastafel di tempat menginap, moms bisa menggunakannya dikondisi ini. Perhatikan airnya, jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin.

Jika tidak ada, gunakan alas ganti waterproof dan waslap. Mandikan seperti menyeka semua bagian tubuhnya hingga bersih. Ini yang aku lakukan ketika perjalanan kemarin, karena kami menginap mendadak di guest house dan tidak ada bath up atau pun wastafel. Sega ku tidurkan diatas alas ganti yang dilapisi oleh handuk, lalu aku seka seluruh badannya menggunakan waslap.

4. Bawa Anti Nyamuk

Kondisi tempat yang akan kita kunjungi bisa jadi banyak disarangi oleh nyamuk. Sehingga selain si Kecil, Ibu pun akan merasa tidak nyaman. Bawalah miyak telon, lotion atau stiker anti nyamuk. Untuk mengantisipasi serangan nyamuk-nyamuk, sehingga si kecil tidur dengan nyaman. Selain si Kecil, moms juga bisa membalurkan ke tangan dan kaki moms. Agar ikut tidur dengan nyaman dan nyenyak tanpa terganggu oleh gigitan nyamuk.

5. Jangan Sepelekan Cooler Bag

Walaupun moms setiap saat dengan si Kecil dan bisa direct breastfeeding dimanapun, jangan sepelekan dengan tidak membawa cooler bag beserta kantong ASIP dan botol susunya saat bepergian bahkan menginap. Apalagi menginap lebih dari 2 hari. Karena bisa jadi hormon oxytocin ibu bertambah karena santai, relax dan pasti happy, sehingga produksi ASI bertambah banyak. Sayang jika ASI tidak diperah, baik itu untuk diminum langsung ketika malam hari atau untuk dibawa pulang(baiknya di hari terakhir).

Jika stok ASIP untuk dibawa pulang, pastikan dibekukan terlebih dahulu di freezer(tanya penginapan untuk menitipkan ASI, jangan sampai lupa mengambil ketika check out pulang).

My team, The Pradiansyahs

Baca juga: CARA MENGETAHUI BAYI KOLIK

6. Tag Team Dengan Suami

Kerjasama dengan suami sangat amat penting dalam kondisi seperti ini. Contohnya saat akan memandikan Sega dan kami memutuskan untuk keramas karena beberapa hari ini dia selalu kegerahan. Akhirnya kami bagi tugas. Setelah menyeka seluruh tubuhnya, kami ke kamar mandi untuk menyiram kepala Sega dengan gayung. Itu adalah hal pertama dan gak akan dilupakan, karena seseru itu jadinya memandikan anak. Plus bonding sebagai orang dan pasangan juga dapat sekaligus. Hal-hal lainnya ketika berganti-gantian makan di tempat umum, atau urus-mengurus penyimpanan ASI.

Kesimpulannya, moms tetap bisa membawa new born traveling dengan membawa persiapan yang aku sebutkan tadi diatas. Pastikan si Kecil diatas 2 bulan, dalam keadaan sehat dan tidak habis sakit ya moms. Happy mommy leads to happy baby!

xoxo,

karin

Leave a Reply

Scroll Up