MITOS ATAU FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN, CARI TAHU DULU!

Beberapa hari yang lalu, aku diundang ke acara Parenting Club. What parenting? Semakin tersadar sebentar lagi akan menjadi orang tua, label kategori di blog pun akan nambah satu. Bahkan semenjak hamil juga udah ada kategori pregnancy story. Selama hamil ini pun sering pro dan kontra dengan mitos dan fakta selama hamil. Gak boleh ini itu, gak boleh makan duren, gak boleh makan es, gak boleh lain-lainnya. Tapi ternyata hal-hal seperti itu adalah kepercayaan orang tua kita zaman dulu. Sebagai smart moms(cie ilaaa mooms wkwk) atau calon ibu, kita harus cari tahu dulu asal usul apa dfan kenapa sih sebenernya?

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Pertama kali dapat undangan dari ClozetteID, langsung excited banget. Asik, disini aku bisa nanya-nanya banyak hal tentang apa yang aku takutin selama menjalai kehamilan. Ternyata memang banyak sekali informasi yang aku dapatkan di event ini. Hadir juga ditengah kita, beauty vlogger yang sering dapet komen kalau pake make up itu gak boleh selama hamil. Rachel Goddard langsung mejelaskan disitu kalau dia selama ini selalu konsultasi langsung dengan dokter kandungannya masalah apapun termasuk make up. Selama make up enggak di makan, ya enggak akan ngefek apa-apa juga ya ke janin. Aku setuju sih masalah itu, tapi ya memang agak hati-hati. Aku perhatiin juga sih bahan-bahan yang dipakenya apa hehe.

Selain Rachel, disana juga ada ahlinya seputar kandungan Dr. Dinda Derdameisya, Sp, OG. Disinilah ajang dimana kami-kami ini menerima penjelasan mengenai mitos-mitos yang berdasarkan medisnya tidak benar. Beberapa ada yang aku catat ikhtisarnya mitos-mitos dan kebenarannya:

Mitos dan Fakta

  1. Makan Es bisa buat bayi besar. Ini mitos karena tidak ada pengaruh apapun kalo kita makan es, kecuali es krim yang ada rasanya. Memang setahu aku pernah liat beberapa selebgram yang sedang mengandung sharing tentang berat badan bayi yang dibantu dengan es krim, daging merah dan telur rebus.
  2. Garuk perut bikinstrech mark. Strech mark itu berhubungan dengan elastisitas kulit, kalau mau mencegah tidak adanya strech mark bukan dengan tidak menggaruk perut, tapi dengan memberikan minyal zaitun atau body butter untuk melembabkan daerah perut, pinggang, paha hingga bokong. Semenjak kehamilan trimester 1 lebih baik.
  3. Makan Duren bisa tidak boleh. Sejujurnya aku makan duren kok pas lagi hamil. Yang perlu diperhatikan itu jangan berlebihan. Kandungan gula yang tinggi dan kandungan lain(aku lupa apa) yang dapat membahayakan janin. Makan buah memang disarankan selama hamil. Kalau makannya 1-3 biji aja sih kayanya masih aman, asal jangan 1 kepala dimakan semua.
  4. Makan Nanas bikin becek/keguguran. Justru Nanas itu banyak mengandung vitamin C, tidak apa-apa untuk mengkonsumsi Nanas. Tapi kalau misalkan kita ragu, silahkan saja untuk makan secukupnya. Jangan banyak-banyak juga. Karena masalah keguguran yang terjadi di trimeser 1 itu murni dari janin itu sendiri, bukan disebabkan oleh nanas.
  5. Makan sayur atau daging menentukan gender bayi. Tidak ada hubungannya memakan-makan sayur lebih banyak atau daging lebih banyak dengan gender bayi. Karena pembawa kromosom x atau y itu dari ayah bayi, siapa yang paling cepat membawa dan menempel di sel telur itulah gender bayi.
  6. Berhubungan suami istri setiap hari, mempercepat punya anak. Jika tujuannya bukan untuk fertilisasi berhubungan suami istri tidak dilarang. Tetapi jika memang tujuannya untuk pembuahan, berhubungan lah 2-3 hari sekali. Karena sel sperma baru, dihasilkan setelah 2-3 hari. Jadi kalau kamu lagi program hamil, perhatikan kapan waktu ovulasi dan berhubungan ketika sperma masih baru dihasilkan(belum berhubungan 2-3hari)

Ketika sesi tanya jawab dibuka adalah saat dimana banyak sekali curhatan dan informasi mulai dari merencanakan kehamilan, kehamilan, persalinan hingga keguguran. Ternyata banyak sekali masalah yang berbeda-beda yang dirasakan oleh wanita-wanita hebat dan kuat ini. Ditengah-tengah mereka aku langsung ngerasa bersyukur atas apapun yang sudah Allah berikan, termasuk kehamilan ini. Bahwa setiap prosesnya tidak mudah, bahwa setiap harinya adalah berdoa dan memberdayakan diri memberikan yang terbaik. Juga dukungan suami dan orang-orang tercinta disekitar gak kalah pentingnya.

Oleh karena itu penting mengetahui kapan siklus haid dan masa ovulasi kita. Jika sebelumnya tidak aware dengan hal itu. Maka dari sekarang yang ingin merencakan kehamilan, ingat-ingat kapan Hari Pertama Haid Terakhir. Konsumsi makanan-makanan yang dapat menunjang pembuahan dan kehamilan. Konsumsi vitamin yang mengandung asam folat jauh-jauh hari.

Nah ternyata di Parenting Club ini lengkap sekali. Mulai dari artikel-artikel seputar parenting yang sangat informatif ada juga Smart Calendar Ovulation buat kamu yang sedang program. Wah banyak banget informasinya di www.parenting.co.id ini. Due date melahirkan sampai dengan konsultasi mengenai perilaku dan psikologis anak aja ada disini semua. Ini sangat membantu banget buat aku atau pun moms yang baca blog aku, calon orang tua baru, atau pun yang ingin terus menambah informasi seputar parenting.

Selain website, moms juga bisa follow instagram @parentingclubid untuk lebih banyak berinteraksi dan mendapatkan update-update informasi dan artikel-artikel terbaru seputar parenting.

Due Date lahirnya Mas Bayik!
Disini kita bisa konsultasi dan diarahkan ke ahlinya langsung jika punya keluhan seputar anak.

Setelah sesi tanya jawab selesai, super seneng karena bisa main lukis-lukisan di bantal bersama Idekuhandmade. Dalam waktu 20 menit harus selesai dan harus di posting ke instagram untuk di kompetisikan dengan karya yang lain. Waaaaa… Gemes tapi tapi buru-buru karena emang dikasih waktunya segitu dan sambil ngemil pula, maklum yah ibu hamil hahaha. Aku kebagian gambar jumsuit gitu. Langsung ngebayangin design jamsuit buat Mas Bayik bakal kaya apaan. Ternyata ya design Ibuk standar Mas, maaf yaa…

Pulang dengan membawa banyak infrormasi dan teman-teman baru. Super seneng hadir diacara parenting seperti ini. Mudah-mudahan dapet kesempatan lagi datang dan sharing seputar kehamilan, hingga nanti seputar mengurus anak.

Semakin enggak sabar untuk menyandang predikat baru menjadi orang tua dan menjalani setiap proses dan tantangannya. Seru pasti, apalagi imbalannya adalah senyum bahagia si Mas Bayik! Duuuhhh ya ampun gemes. Bismillah semoga sehat selalu bagi calon-calon ibu dan juga yang sedang merencanakan kehamilan semoga mendapatkan rejeki secepatkan dari Allah. Aamiin.

xoxo,

karin

1 Comment

  1. USG 4D : SCREENING FETOMATERNAL | Karina Kamil

    June 14, 2018 at 3:54 am

    […] Aku juga jadi lebih yakin untuk mau Fetomaternal setelah ikut acara bareng Parenting Club sama dr. Dr. Dinda Derdameisya, SpOG. Disarankan biar ibu juga lebih siap mental, ketika memang ternyata sang bayi diketahui ada kelainan(amit-amit). Lengkapnya bisa baca tulisanku yang ini: MITOS ATAU FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN. […]

Leave a Reply

Scroll Up