AGAR TIDAK MINIM NUTRISI SAAT HAMIL DAN MENYUSUI

Menjalani 3 bulan awal pasca melahirkan atau disebut juga dengan trimester 4 merupakan fase penyesuaian ibu terhadap anak, anak terhadap tubuhnya. Perkembangan paru-paru, pencernaan dan organ-organ lainnya terutama otak didukung oleh nutrisi yang dikonsumsi sejak hamil hingga ASI yang diminum oleh bayi. Sama seperti yang aku alami sekarang. Ternyata enggak bisa sembarang makan, karena apa yang aku makan akan dikonsumsi juga oleh anak.

Moms udah tau belum? Kalo 1000 hari pertama kehidupan anak itu sangat penting loh. Aku juga baru tau ketika memasuki usia kandungan beberapa minggu. Selama hamil pun aku terus mempelajari ini. Ternyata mulai dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan anak. Pada masa ini nutrisi yang diterima oleh bayi ketika dalam kandungan dan menerima ASI, punya efek jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa.

Sebagai ibu milenial, aku akui kalau selama ini bisa dikatakan makan minim nutrisi. Telalu banyak makan yang instant, fast food, snack-snack yang gizinya bahkan gak ada. Mulai melek sama nutrisi itu ketika 6 bulan sebelum menikah. Itu pun banyak cheatingnya. Selama hamil juga aku gak terlalu jaga makan, prisipnya adalah yang penting ada yang masuk tanpa terlalu memikirkan gizi dan nutrisi dari makanan itu. Bakso aku makan, junk food karena bisa dijumpai ketika lapar tengah malam, snack ciki-cikian juga aku makan ketika hamil. Anak mici banget gitu bahasanya, moms.

Sekarang, aku merasa tidak memberikan yang terbaik buat anak aku. Jadi khawatir kalau nutrisi yang dia makan akan mempengaruhi masa pertumbuhannya bahkan hingga dia dewasa. 1000 hari pertamanya tidak terpenuhi. Sedangkan ASI adalah makanan satu-satunya yang bisa dia konsumsi, karena ASI makanan terbaik yang bisa aku berikan. Apa yang aku cerna, anakku ikut mencernanya juga. Tidak ada makanan lain yang kandungan gizinya sebaik ASI. Hebatnya ASI, dia menyesuaikan dengan usia anak. Dipastikan, bayi yang mengonsumsi ASI tidak akan terkena infeksi.

Aku nemu suplemen tambahan, agar kualitas ASI terjaga. Suplement ini juga tidak hanya berdampak ke anak, tapi ke ibunya juga. Nama suplemennya Bio-Strath Elixir. Aku bahas review lengkapnya dibawah ini ya.

BIO STRATH ELIXIR

Kandungan Bio Strath Food Suplements

Suplemen Bio Strath ini berasal dari herbal yeast. Melalui proses biologi yang unik, sel ragi(Saccharomyces cerevisiae) yang dipadukan dengan tumbuhan herbal kemudian di plasmolisis(silahkan di google) untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang penting dapat diserap oleh tubuh seluruhnya. Proses ini tidak menggunakan pemanasan yang dapat merusak kandungan di dalamnya. Bio-Strath Food Suplements dibuat dari bahan herbal alami dan bebas dari zat pewarna, perasa dan pengawet. Keefektifan Bio-Strath diklaim telah diteliti dan dibuktikan secara komprehensif melalui penelitian yang dilakukan di berbagai universitas dan institut di Swiss dan Negara maju lainnya, which is good!

Komposisi:

  • 80% Plasmolysed Herbal Yeast (Saccharomyces Cerevisiae)
  • 10% Malt Extract
  • 5% Honey
  • 5% Orange Juice

Bio-Strath Food Suplements berkhasiat untuk:

  • Mengatasi kelelahan (kelelahan belajar, bekerja, dan kegugupan)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Meningkatkan efektifitas fisik dan mental
  • Meningkatkan vitalitas dan masa pemulihan setelah sakit

Aturan pakai:

Dewasa, 1 sendok teh 2-3 kali sehari sebelum makan. Karena sedang menyusui, aku gunakan sampai maksimal 3 kali. Agar aku ibu terjaga kesehatannya dan anak mendapatkan manfaatnya. Bisa diminum langsung atau dicampun dengan jus buah. Kalo aku diminum langsung, karena rasanya masih oke di mulut aku sih. Baunya kaya kecap, tapi rasanya kaya gula jawa cair gitu. It’s okay!

Anak-anak usia 1-5 tahun, 1/2 sendok teh 2x sehari. Bisa dikatakan range umur ini adalah masa keemasan balita. Ini juga baik dikonsumsi ketika sedang sakit untuk membantu penyembuhan.

(1 sedok teh = 5 ml = 74,1 kJ(18 kcal) = 3,66 g karbohidrat)

Selain yang cair, Bio Strath juga tersedia dalam bentuk tablet. Untuk harganya sekitar Rp. 500.000-Rp. 800.000. Lokasi pembeliannya dan harga lengkapnya silahkan cek dan tanya ke sosial media Bio Strath langsung ya : @biostrath.id

Kesimpulan:

Buat moms yang sedang hamil, menyusui, dan merasa dirinya kurang memperhatikan makanan Bio Strath ini bisa dijadikan nutrisi tambahan. Walau sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tapi karena waktu yang kurang atau jadwal yang padat dan mobilitas tinggi Bio Strath bisa memenuhi itu semua. Khususnya nih, ibu hamil yang masih mual-mual muntah di trimester pertama, aku saranin untuk konsumsi ini. Pengalamanku dulu, aku susah banget makan yang sehat, justru kepengen makan yang gurih enak dan yang penting masuk tanpa memikirkan cukup gizi atau tidak bagi si janin.

Moms dengan balita juga gak penting untuk memilih suplemen yang baik untuk di konsumsi bersamaan dengan makanan sehari-hari untuk menunjang nutrisi yang seimbang. Demi tumbuh kembang si kecil hingga dewasa nanti.

DISCLAIMER: Konsumsi suplemen/ herbal harus tetap diimbangi dengan pola makan yang sehat serta olah raga yang teratur.

Semoga bermanfaat ya apa yang aku share, moms!

xoxo,

karin

2 Comments

  1. IBU BARU, BERIKUT CARA MENGETAHUI KOLIK

    October 21, 2018 at 4:21 pm

    […] Baca juga: AGAR TIDAK MINIM NUTRISI SAAT HAMIL DAN MENYUSUI […]

  2. MENGINAP BERSAMA NEW BORN, INI TIPSNYA! | Karina Kamil

    October 26, 2018 at 3:39 pm

    […] Baca juga: AGAR TIDAK MINIM NUTRISI SAAT HAMIL DAN MENYUSUI […]

Leave a Reply

Scroll Up