REKOMENDASI SKINCARE IBU HAMIL AGAR KULIT KENCANG DAN TERNUTRISI

Saat pertama kali dinyatakan hamil, pertama kali yang dilakukan adalah membentengi segala macam yang masuk kedalam tubuh salah satunya adalah skincare. Sebagai yang rela investasi jangka panjangnya dengan skincare, aku langsung cari tahu aman dan tidak amannya menggunakan skincare selama hamil. Karena selama hamil aku ingin tetap maintain dan menutrisi kulit.

Apalagi selama kehamilan, pasti banyak sekali mengalami perubahan kebiasaan. Seperti susah tidur dan lain sebagainya. Dengan keadaan tubuh yang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon, pasti akan mempengaruhi pola tidur yang serba enggak enak. Belum masalah-masalah yang sebelumnya sudah ada. Timbul masalah baru, kantung mata, garis-garis halus didaerah mata. Sehingga butuh skincare yang aman dan bisa membuat tampilan mata dan kulit lebih fresh, sehat dan terangkat. Sekaligus masalah penuaan kulit lainnya dengan bahan yang aman digunakan selama mengandung.

Sebelum menuju rekomendasi skincare apa yang bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan dengan fokus masalah bawah mata dengan bonus daerah wajah lainnya. Aku mau kasih tau bahan-bahan apa saja yang harus kita hindari selama menjalani proses kehamilan agar tidak terkena dampak negatif kepada janin.

Disclaimer: disini aku enggak mau melampaui atau sotoy lebih dari dokter kandungan ya. Ini berdasarkan apa yang aku yakini dan aku percaya aja dari hasil research dari beberapa situs kehamilan luar. Karena aku juga tanya ke beberapa sahabat yang juga sepaham tentang penggunaan skincare dan juga sedang mengandung tentunya. Bagi kamu yang “tidak” dan merasa sebahaya itu untuk calon anak, itu kembali ke kamu.

Bahan Skincare Yang Harus Dihindari atau Dibatasi Ibu Hamil

Terkadang beberapa mom-to-be menghindari skincare bukan karena benar-benar menghindari, tapi ada juga yang pembawaan calon janin jadi lebih malas. Sedikit cerita tentang aku, diawal kehamilan aku sama sekali tidak menyentuh skincare atau pun make up. Bukan karena stop sementara menggunakan skincare karena kehamilan, tapi karena malas hahaha. Baik itu mandi sekalipun, menggunakan wewangian, bedak, lipstik atau apapun. Selain karena nutrisinya diserap oleh janin, kulit jadi tidak terawan berakhir menjadi kering dan kusam.

Tapi sebelum kembali memulai perawatan kulit, aku searching dulu sebenernya bagaimana sih kalo ibu hamil pake skin care? Apalagi aku mengandung anak pertama. Ini dia yang aku dapat setelah mencari tahun dan membaca. Ada beberapa bahan di dalam skincare yang harus total kamu hindari selama kamu menjalani masa kehamilan bahkan menyusui. Bahkan bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan juga sebaiknya memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam perawatan kulin yang kamu gunakan. Tapi memang tidak sebanyak yang harus kamu hindari ketika kamu sudah dinyatakan hamil.

Menurut beberapa situs diluar sana, bahan-bahan apa aja yang harus dihindari selama hamil adalah sebagai berikut:

Retinoids

Isotretinoin, dan turunannya, dapat menyebabkan cacat lahir dari otak dan kelainan jantung serta tulang. Dokter bahkan merekomendasikan menunggu sekurang-kurangnya 30 hari setelah menghentikan obat yang mengandung bahan ini untuk kamu yang sedang program hamil. Hindari juga ketika sedang menyusui. Jangankan retinoids dan turunannya, ketika sedang hamil juga tidak boleh banyak mengonsumsi ati ayam atau ati sapi. Setidaknya 1 kali dalam 1 minggu mengkonsumsi ati. Karena kandungan vitamin A banyak didalam makanan ini. Perhatikan bahan-bahan ini jika belanja di drug store Avita, Differin, Renova, Retin-a, Retinols, Retinaldehyde, Retinyl dan Tazorac Palmitate. Walaupun sedikit yang diserap oleh kulit tapi bisa jadi penyebab birth-defect.

Hydroquinone

Menurut www.byrdie.com dan situs lainnya juga, menunjukkan studi bahwa sebanyak 45 % dari obat ini diserap setelah aplikasi dipermukaan kulit. Memang belum pernah dan tidak ada studi menunjukkan efek dari hydroquinone pada janin. Tetapi terlalu banyak bahan kimia dialiran darah kita dari bahan ini setelah digunakan untuk memperkuat resikonya. Untuk mencegah flek-flek hitam selama kehamilan gunakan sunscreen, tentunya yang aman juga digunakan selama kehamilan. Aku sih jarang pake sunscreen hehehe

Salicylic Acid

Beta hydroxy acid ini sering digunakan dalam produk untuk kulit acne-prone. Asam salisilat (turunan dari aspirin) disebutkan bisa mengakibatkan cacat lahir dan pendarahan menurut studi kehamilan yang pernah dilakukan pada hewan. Ada juga yang menyebutkan jika penggunaan tidak lebih dari 2% maka masih dalam batas aman untuk janin. Tetapi juga pengaplikasiannya didaerah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Beberapa dermatologist tetap menyarankan menghindari asam salisilat dalam bentuk apapun, untuk menghindari resiko.

Benzoyl Peroxide

BP adalah bahan yang biasa terkandung pada acne cream atau acne treatment. Kehamilan biasanya diawali dengan perubahan hormon yang menimbulkan jerawat selama kehamilan. Tetapi kamu bisa menggunakan ini untuk membantu menghilangkan jerawat, namun dengan jumlah yang kurang dari 5% dan tidak dapat ditambah. Maksimal hanya 2-2,5% saja. Karena kandungannya terlalu kuat dan bisa mempengaruhi fetus atau janin.

Lainnya adalah anti aging sintetis atau bahan pemutih sintetis lebih baik dihindari, kecuali di extract ke bahan-bahan yang alami.

Jadi skincare mana sih yang tadi disinggung diatas tantang firming mata sekaligus anti aging yang aman? Kenapa aman? Dibawah ini aku enggak asal-asalan review ya, aku nyoba langsung dalam waktu kurang lebih 5 hari. Selain itu juga ngobrol langsung sama Arvinda Sutera Harum, Marketing Communication Executive dari PT. EIG Dermal Wellness Indonesia sebagai developer & distributor dari skincare Clinelle. Mereka merekomendasikan ini ke aku, dan juga mengetahui kalo aku sedang hamil. Jadi sudah pasti aman, karena sampe berkali-kali aku nanya “Ini aman gak ya buat aku & anakku?” Kalo gak aman yang gak akan direkomendasikan ke aku yaaa…

Clinelle Caviar Gold Luxury Series

Sebelum aku kasih reviewnya kaya apa, aku kasih tahu kenapa Clinelle menggunakan Caviar sebagai hero extract yang digunakan dalam Luxury Series ini.

Apa itu Caviar?

Caviar yang juga dikenal sebagai ‘black gold’ atau emas hitam, merupakan salah satu makanan termahal di dunia. Kelezatan yang terbuat dari telur ikan sturgeon yang sudah diolah dan diasinkan ini telah ditemukan jauh sebelum tiram mentah, sampanye dan bahkan sebelum jamur truffle. Caviar telah menjadi makanan yang digemari oleh para raja dan bangsawan. Masyarakat Yunani kuno, Romawi dan kaisar Rusia juga dikenal sangat menyukai caviar.

Mengapa Caviar bagus untuk kulit?

• Caviar memiliki susunan sel yang menyerupai struktur kulit manusia.
• Ekstrak caviar juga memiliki struktur unik yang dapat mengirimkan nutrisi langsung ke sel kulit.
• Caviar memadatkan kandungan penting dan berharga untuk kulit sehingga dapat menjaga keseimbangan
diet kulit.

Seri Clinelle Caviar Gold didukung oleh Triple Gold Lifting and Firming Complex, dengan kandungan mewah nya yang mampu menghasilkan efek jangka panjang pada kulit wajah. Menggabungkan Caviar dengan 24K Nano Gold dan tanaman PhytoGold.

1. Caviar Black Gold

Dengan struktur sel menyerupai manusia yang dapat meningkatkan kekencangan, kelembapan dan menutrisi kulit wajah.

2. 24K Nano Gold

Meningkatkan produksi kolagen hingga 325.9% untuk meningkatkan kekenyalan kulit.

3. PhytoGold

Terbukti 80X lebih efektif dibandingkan Arbutin dalam mencerahkan serta menyamarkan flek hitam.

Nah, dari penjelasan diatas terlihat bahwa Caviar Gold Luxury Series ini mengextract fungsi-fungsi kimia yang biasa kita temukan di skincare yang harus ibu hamil hindari. Semua ini bekerja dipermukaan kulit sih setahuku, enggak ada yang sampai masuk ke jaringan darah. Juga aku double check ingredientsnya kok, alhamdulillah akur hehehe. Untuk lebih yakinnya kamu bisa check ingredientsnya dibawah ini:

Range product ini bisa digunakan malam dan siang hari, jadi gak perlu takut kalau dipakai keluar rumah. Usahakan ya jangan sampai kena paparan sinar matahari langsung ya.

Ini dia aturan penggunaan Clinelle dan hasil Caviar Gold Luxury Series

Review Product

Caviar Gold Firming Cleanser

Pertama kali aku pake cleansernya Caviar Gold, ngerasa jadi rapper hahaha blink-blink gitu. Soalnya si cleanser ini begitu dituang ke telapak tangan, glaze gitu dengan gold-gold yang bertebaran didalamnya. Sayang pas difoto tuh enggak begitu keliatan, kurang lebih kaya lotion setelah ini aku liatin ya.

Tubenya standar cleanser, ukurannya juga enggak terlalu besar atau terlalu kecil. Masih muat masuk ke pouch alat mandi kalau dibawa-bawa bawa traveling masih ramping.

Setelah penggunaan cleanser ini, kulit terasa bersih banget. Lebih kencang tapi bukan karena kering ketarik ya, kencang dan lembab banget dikulit. Kulit jadi lebih halus juga pastinya. Untuk penggunaannya sendiri aku enggak perlu nuang terlalu banyak. Karena sebesar biji jagung aja udah membusakan keseluruh muka, bahkan kalau kebanyakan nuang jadinya kaya terlalu pekat. Hasilnya sama aja. Jadi lebih irit juga pemakaiannya.

Caviar Gold Firming Lotion

Lotion ini fungsinya hampir sama dengan toner, digunakan setelah membersikan wajah. Selain diusapkan secara lembut ke wajah, biasanya aku pijat-pijat sedikit sambil ditarik kearah atas. Agar efek firmingnya ini terbantu, aku selalu melakukan pijatan ini setiap pemakaian.

Teksturnya bisa dilihat, agak cair tapi enggak mberebes banget gitu dan sangat ringan. Cepat terserap banget ke kulit. Gliter-gliternya itu yang bikin terasa mewah banget. Hampir sama dengan cleanser glittery gitu. Ini bukan toner yang biasa pake kapas ya. Cukup pake telapak tangan 2 tetes aja, udah menjangkau seluruh muka aku. Lalu pijat-pijat. Botolnya juga hampir sama besarnya dengan cleanser. Tapi menurut aku sih karena ini tekturnya watery, si lubangnya terlalu besar. Jadi kalau kita enggak kontrol nuangin lotion ke telapak tangan bisa kebanyakan. Jadi tuang hati-hati ya beb.

Caviar Gold Firming Eye Serum

Ini dia bintang dari review product ini. Caviar Gold Firming Eye Serum ini secara tekstur bentuknya gel bening, dengan butiran-butiran gold didalamnya. Beberapa fungsi dari Caviar Gold Firming Eye Serum ini diantaranya:

  • Mengencangkan dan mengangkat area kelopak mata
  • Mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan
  • Memudarkan lingkaran hitam pada area mata
  • Menyamarkan sembab dan kantung mata
  • Menutrisi serta melembapkan kulit di area mata

Aplikatornya berbentuk pump, jadi lebih mudah untuk dituang ke jari tangan. Untuk pengaplikasiannya aku cuma pake 1 pump, untuk 2 mata. Setelah diusapkan kebawah mata, lalu dipijat melingkari mata kiri dan kanan secara bersamaan. Agar masuk ke titik-titik yang dapat mengurangi tegang otot mata dan melancarkan peredaran darah. Tahap ini tuh namanya Eyerobic, agar Firming Eye Serum terserap sempurna.

Cocok banget kan untuk bumil yang susah tidur, punya kantong mata, tapi ingin mengembalikan kesegaran mata dan wajah. Aku sendiri terbantu dengan Eye Serum ini. Selama hamil tidur diatas jam 12 terus. Alhasil mata panda dan memang aku punya puffy eye juga. Ganggu banget. Setelah menggunakan ini selama 5 hari mendingan banget. Enggak merosot banget mataku kalu mau pergi-pergi dan make up an jadi lebih fresh wajahnya. Part terpentingnya adalah hydrating, seger banget di mata.

Caviar Gold Face Serum

Beberapa fungsi dari Caviar Gold Face Serum: meningkatkan regenerasi sel kulit wajah, meningkatkan kelenturan dan kekencangan kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen, membantu membentuk kontur V, dan mencerahkan kulit wajah. Hampir sama packaging Face Serum dengan Eye Serum. Hanya botol Face Serum ini lebih tinggi dari Eye Serum, tekstur dan aplikatornya juga sama persis. Ringan dan mudah terserap saat diusapkan ke wajah. Aku selalu di barengi dengan pijatan-pijatan ringan keatas, untuk membantu mempercepat fungsinya.

3 hari setelah penggunaan ini sejujurnya timbul 1 (satu) jerawat, satu loh yaa. Mungkin kulit sedang purging menyesuaikan diri dengan skincare yang baru. Sebelum hamil pun aku enggak pake skincare apapun, jadi ini tahapan wajar. Aku pernah tulis bahasan tentang Apa Itu Purging & Breakout?. Munculnya pun di tempat biasa aku muncul jerawat sih, di pipi sebelah kiri. Sepertinya itu juga ada hubungannya dengan penggunaan make up dan aku gak bersih banget hapusnya.

Caviar Gold Face Cream

Rangkaian ini di tutup dengan Face Cream setelah Face Serum. Teksturnya creamy, tidak lengket, cepat meresap dan yang aku suka enggak ada wangi-wangi apapun. Jadi untuk ibu hamil yang enggak kuat sama wangi-wangian, takut mual-mual, ini aku enggak nyium wangi-wangi sih. Selain itu, sudah ada spoon untuk aplikasinya, jadi bisa kita sendok secukupnya yang mau kita pakai ke wajah. Aku sih biasanya beberapa sendok, jadi besok paginya lembab dan kenyel banget di muka.

Aplikasikan ini tunggu beberapa menit setelah Face Serum ya biar terserap sempurna. Face Cream ini untuk lebih melembabkan selama kita tidur sepanjang malam. Selain itu juga fungsi agingnya ada disini, yaitu untuk membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan wajah dan meremajakan sudah pasti.

Caviar Gold Firming Facial Mask

Aku tipikal yang gak begitu suka sheet mask sebenernya, makanya sampe sekarang belum aku pake. Toh memang sheet mask ini hanya pelengkap saja. Yang intinya ya diatas tadi sih, jadi nanti kalo lagi ngerasa males mungkin buat layering skincare aku bakal pake sheet mask ini sebagai gantinya.

Oh iya, ada satu lagi yang belum aku kasih tau. Clinelle Caviar Gold Luxury Series ini juga bisa membantu meminimalisir pori-pori tersumbat, blackheads, dan cocok untuk kulit sensitive. Karena all skin type sih sebenernya bisa pakai series ini beb.

Summary

Ini bare faced 3-4 hari setelah rajin menggunakan Clinelle Caviar Gold Luxury Series. Sebenernya selama hamil aku enggak terlalu banyak masalah sih, jerawat pun enggak. Tepatnya jarang, kalaupun ada paling 1 atau 2 aja. Abis itu ilang lagi. Paling kulit kering, kusam, dan mata yang panda akibat dari kurang tidur dan terlalu sering main gadget. Makanya aku fokusin perawatan ini ke mata, yang lainnya mah bonus aja. So far aku gak ada masalah dengan rangkainnya Caviar Gold nya Clinelle. Jadi untuk kamu yang mau coba dan kebetulan juga sama lagi hamil kaya aku, aku rekomendasikan skincare ini. Tapi buat kamu yang lagi hamil dan menghindari skincare apapun itu juga kembali ke pribadi masing-masing. Karena Clinelle ini menurut informasi yang aku dapat bekerja hanya dipermukaan aja enggak sampai masuk ke jaringan darah kita, kenapa mereka aman.

Untuk setiap hasilnya balik lagi ke serajin apa kamu menggunakan series ini ya, kalo kita disiplin dan sesuai aturan hasilnya bisa lebih maksimal. Sekiaaan~

Semoga bermanfaat ya buat kamu yang lagi nyari skincare yang fokus ke daerah mata, tapi dapet bonus sewajah-wajah jadi lebih kencang. Untuk kamu yang mau beli series ini, bisa kunjungi Guardian terdekat. Setahuku masih eksklusif hanya di Guardian deh. Tapi mungkin kamu bisa check ke toko-toko kecantikan lainnya ya, boleh share juga di komen(kalau kalian mau komen hahaha). Informasi lainnya agar lebih lengkap lagi tentang produk skincare dari Clinelle, bisa check website nya di www.clinelle.co.id. Atau bisa langsung interaksi dengan adminnya di instagram @clinelleid.

Jangan takut dan sungkan untuk menanyakan apapun yang berhubungan dengan kecantikan kulit kamu yaa… See you on another review tim #skincareslave

 

xoxo,

karin

 

4 Comments

  1. SECOND TRIMESTER : SEMAKIN NIKMAT! | Karina Kamil

    May 20, 2018 at 11:25 am

    […] Skincare mulai picky. Mulai check ingredients yang aman aku gunakan selama hamil. Karena aku gak mau juga kulit malah kurang nutrisi, sedangkan nutrisi kita semua terserap oleh janin. So far aku pake Clinelle, untuk review nya bisa baca disini: Rekomendasi Skin Care untuk Ibu Hamil. […]

  2. Yuanita Kusuma Murti

    July 26, 2018 at 6:15 am

    Emang dasarnya suka ya sama ka Karin, udah lama follow instagramnya juga dari jaman bujang sampe skrg udah mau punya baby😅 bbrp kali baca blognya jg walaupun blm semua, tp mostly dari ig sama blog informative, dan sering ngeracunin jd pgn beli ini itu 😅

  3. Yuanita Kusuma Murti

    July 26, 2018 at 6:17 am

    Emang dasarnya suka ya sama ka Karin, udah lama follow instagramnya juga dari jaman bujang sampe skrg udah mau punya baby😅 bbrp kali baca blognya jg walaupun blm semua, tp mostly dari ig sama blog informative, dan sering ngeracunin jd pgn beli ini itu 😅😅

    1. karinakamil

      July 27, 2018 at 5:33 pm

      Aku mau ikutin juga ah pake #racunkarincoy hehehe Terima kasih ya selalu support konten aku yang gak seberapa kadang nyampah hahaha ❤️

Leave a Reply

Scroll Up