Lifestyle Motherhood

Sudah Mencuci Botol Bayi Anda dengan Sabun yang Benar?

February 23, 2020

Belum banyak yang tahu kalau sekarang Sega sudah tidak direct breastfeeding full. Waktu itu sempet share sedikit tentang kejadian ASI seret saya yang balik lagi. Tapi akhirnya menjadi keputusan yang berat Sega haru saya lepas full karena beberapa kali kami LDR terpaut pekerjaan dan saya yang tidak pernah stok ASIP.

Semenjak itu saya mulai kasih beberapa pilihan susu yang Sega suka dan mau minum, urusan botol pun begitu. Tidak mudah, beberapa kali masih ingat sama susu ibunya. Karena permintaan susunya yang lumayan sering dan volumenya banyak, kebersihan botol ini menjadi concern saya. Sempat juga share keingintahuan saya sama ibu-ibu lain, mereka pisahkan gak sih sabun cuci peralatan anak dan orang dewasanya? Ternyata jawaban terbanyak adalah pisah atau beda.

Lemak-lemak susu di botol anak menurut saya punya treatment khusus, apalagi yang memang sudah full susu botol dan intensitasnya cukup sering. Tau gak bu kalau kita sampai tidak membersihkan botol susu dengan bersih dan benar kuman apa saja yang bisa terpapar pada anak kita?

  1. Hepatitis A dan Rotavirus
    Menurut Orami.com kuman yang disebabkan oleh botol susu yang kotor bisa tersebar dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu kuman yang bisa bertahan hingga 1 minggu ini adalah Hepatitis A dan Rotavirus. Jadi jangan sampai menunda apalagi membiarkan botol susu kotor.
  2. Gastroenteritis
    Atau bisa disebut juga infeksi usus. Kalau si kecil sampai terkena dengan ini akan menyebabkan diare dan muntah-muntah. Infeksi seperti ini bisa disebabkan oleh orang dewasa yang terinfeksi lalu menyentuh atau terkena bottle nipple. Jadi pastikan kita gak Cuma cuci botolnya aja tapi bagian nipple juga penting.
  3. Bakteri
    Seperti botol air mineral dan botol lain yang tertutup, botol susu Si Kecil rawan menjadi tempat bakteri berkembang biak yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti keracunan makanan. Paparan bakteri juga dapat terjadi ketika Mom membuat susu dengan tangan kotor atau di dapur yang kotor.

Selain pentingnya mencuci botol susu dengan bersih penting juga untuk memilih cleanser yang tepat agar botol dan aksesoris si kecil bersih sempurna. Dari case diatas keliatan ya kalau penting juga untuk memisahkan pembersih anak dan dewasa. Jangan lupa sponge pembersihnya pun dipisah ya buibu! Nah ini ada salah satu cleanser yang sedang saya pakai, beberapa alat Sega juga pakai dari brand ini. Bahkan saya sendiri waktu kecil ngedotnya pake dari brand ini yaitu, Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser.

Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser

Dari product knowledge yang saya dapatkan Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser memiliki klaim terbuat dari bahan-bahan alami food grade, mampu membunuh bakteri dan lembut di tangan. Efektif menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan termasuk sisa lemak susu. Sehingga proses mencuci menjadi lebih mudah. Selain botol juga dapat digunakan untuk mencuci perlengkapan lainnya seperti mainan buah dan sayuran. Formula khususnya bebas sabun sehingga membilas lebih cepat, mudah dan hemat air. Satu lagi klaim dari Pigeon ini adalah Paraben Free.

Klaim dan kandungan

Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser 500 ml
Spesifikasi Produk
Jenis Produk: Liquid Cleanser
Isi Bersih: 500 ml
Kemasan: Botol Pompa
Harga: Rp. 20ribuan

Kelebihan

  • Mengandung natural biodegradable sehingga ramah lingkungan
  • Mengandung purified water dan citric acid
  • Formula yang terasa lembut saat terkena kulit
  • Tidak mengandung zat berbahaya
  • Kemasan botol pompa yang praktis
  • Anti Bakteri (*telah diuji di laboratorium terhadap E.Coli, S.aureus dan P.aeruginosa
Kandungan bahan aktif yang tertera di kemasan.

Bahan aktif yang terkandung di dalam Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser adalah: Sodium Citrate 5.55% Propylene Glycol 1.2%, Anionic Surfactant USP 0.4%, Citric Acid 0.3%, Sodium Benzoate 0.2%, Apple Flavor 0.1%

Tekstur warna dan aroma

Melihat tekstur Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser karena klaimnya bebas sabun jadi lebih cair dibanding cleanser pada umumnya. Makanya mereka menyiapkan sponge khusus jika ingin membersihkan botol dan alat lainnya. Jadi cara penggunaannya sebagai berikut:

Terlihat warnanya yang bening.
  1. Tuangkan cairan pembersih langsung pada sikat pencuci.
  2. Setelah bersih, bilas botol susu, dot atau perlengkapan lainnya dengan air mengalir selama 5 detik. Untuk buah dan sayuran, bilas dengan air mengalir minimal 30 detik.
  3. Jika membilas menggunakan baskom, air dalam baskom harus diganti minimal 2 kali.
Teksturnya yang cair hampir menyerupai air.

Aroma segar yang tercium dari cleanser ini adalah aroma apel, saya bisa tau karena baca dari bahan aktif yang terkandung. Saya tuliskan juga di atas agar buibu bisa baca. Aromanya tidak mengganggu dan refresh sekali setelah dibilas, menyamarkan aroma susu.

Kemasan

Untuk kemasan cukup praktis, botol pump yang dapat diambil dalam satu genggaman. Mungkin akan lebih praktis jika mereka mengeluarkan kemasan travel size untuk dibawa kemana-mana. Supaya tidak makan tempat di dalam tas. Secara ya buibu, kita bawa bawaan anak yang lain pasti sudah cukup banyak.

Kalau habis cairannya gimana buibu? Tenang mereka sediakan refill, jadi kemasan ini reusable ya. Gak perlu berkali-kali beli kemasan, praktis tinggal di isi ulang.

Pengalaman saya

Pengalaman saya selama menggunakan Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser ini benar cukup hemat air dan lebih cepat. Apalagi ketika anak sudah mulai rewel minta susu sementara botol susunya. Bersih dan terbantu dengan sponge brush yang user friendly, menjangkau sisi bawah botol dengan baik. Klaim bebas sabun juga terbukti karena busanya sedikit.

Busanya sedikit, proses mencuci jadi lebih cepat tapi tetap efektif membersihkan sisa lemak susu pada botol.

Jadi buibu, sudah pakai cleanser yang benar belum untuk botol dan perlengkapan si kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *