28

Dibalik 30 Tahun Shafira di Dunia Fashion Hijab

Diantara brand-brand baru yang menawarkan berbagai macam inovasi dan creative concept, SHAFIRA bertahan hingga 30 tahun. Perkembangan muslim fashion di Indonesia yang terus merangkak naik, dibuktikan dengan banyak munculnya brand-brand fashion diranah serupa. 

Pada tanggal 18 Januari 2019 SHAFIRA mengadakan press conference di Harlequin Bistro Kemang. Dihadiri langsung oleh founder bereserta jajaran manajemen SHAFIRA, Founder, CEO dan Head Of design. Menyambut kiprahnya yang genap usia kepala 3, SHAFIRA mengeluarkan koleksi terbaru dan juga kegiatan yang bermanfaat bagi generasi muda kreatif.

Dibangun oleh Feny Mustafa sejak tahun 1989, brand busana muslim asal Bandung ini merupakan wujud dari mimpinya untuk muslimah Indonesia. Melalui semangat dan curahan karyanya untuk mempercantik muslimah Indonesia dalam balutan busana yang indah dan anggun. Tak disangka menorehkan sejarah didalam industri muslim fashion di Indonesia hingga menembus pasar Internasional.

SHAFIRA The World Wanderer

The World Wanderer merupakan konsep yang diusung sebagai gambaran dari perjalanan SHAFIRA yang berkiprah menjelajahi industri fashion muslim. Tak hanya di Indonesia, SHAFIRA juga berpasrtisipasi diajang event fashion internasional yaitu, New York Couture Fashion Week.

Dari Spanyol, Dubai dan negara ikonik New York, pernah menjadi bagian dari inspirasi SHAFIRA dalam membuat koleksi busana muslim. Lalu dalam rangkan menggenapkan eksistensinya itu, kini menyerap inspiransi dari 5 benua di dunia dari berbagai elemen salah satunya design-design masjid indahnya.

Shetyawan selaku Head of Designer SHAFIRA menjelaskan dibalik tema the World Wanderer dan bagaimana inspirasi itu terkumpul.
Salah satu koleksi SHAFIRA World Wanderer, fashion hijab yang terinspirasi dari 5 benua di dunia.
Detailnya sangat cantik, menggantikan fungsi aksesoris tambahan. All in one dress ready to wear from SHAFIRA World Wanderer.

Mengenai persaingan di industri fashion yang begitu ketat. Bu Feny menyampaikan bahwa pengusaha lainnya bukanlah sebagai kompetitor baginya melainkan rekan sesama dalam berdakwah. Beliau menjadikan karya-karyanya sebagai media untuk berdakwah kepada muslimah bahwa menggunakan hijab bisa tetap terlihat cantik dan modis. Urusan rezeki menurutnya kembali ke Allah SWT.

Mulai dari Asia, Australia, Eropa, Amerika hingga ke Afrika, SHAFIRA mengambil berbagai inspirasi keindahan arsitektur yang bersifat industrial maupun classic. Sehingga nantinya seluruh muslim dapat merasakan menjelajah 5 benua dengan menggunakan koleksi dari the World Wanderer.

Persembahan 30 tahun SHAFIRA yang Spesial

Mengapresiasi kreator-kreator berbakat di Indonesia, SHAFIRA mengadakan berbagai kegiatas yang berhubungan dengan industri kreatif. Diantaranya adalah lomba design logo 30 tahun SHAFIRA yang telah diikuti oleh ribuan partisipan dari seluruh Indonesia.

Selain itu ada ajang yang sangat bergengsi untuk memotivasi kaum-kamu muda yang passionate. Shafco(SHAFIRA Corporation) menggelar Shafco Modest Project, yaitu sebuah kompetisi fashion desain bagi desainer muda Indonesia yang dimulai 23 Januari 2019.

Mas Rahmat, penyandang disabilitas yang memiliki kesempatan untuk bersekolah fashion design dibantu oleh SHAFIRA Corporation.
Mas Rahmat mendapatkan dana Rp. 50 juta untuk sekolah design.

Yang saya salut SHAFIRA juga turut menyekolahkan seorang yang memiliki kemampuan yang luar biasa hebat. Diluar keterbatasannya dia tetap bisa berkarya dan melalui SHAFIRA juga dibantu oleh Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil. Namanya mas Rahmat, beliau memiliki disabilitas. Namun melihatnya aku merasa tertampar. Ternyata baginya tidak ada kata mengeluh dan menyerah, hingga akhirnya karya-karya designnya nanti bisa di

Kalo ini tentunya saya dengan fashion yang masih classic, diundang oleh Shafira melalui komunitas ISB.

Pesan yang bisa saya ambil adalah “tidak ada usaha yang mengkhianati hasil”. Memang terlihat klise, tapi bu Feny selama 3 dekade ada didalam fase tersebut. Hingga di “posisi” sekarang ini dan konsistensi dan inovasi yang terus berkembang mengikuti zaman.

Dari mas Rahmat juga kita bisa belajar bahwa keterbatasan itu bukan halangan untuk menggapai mimpi. Jika kita memiliki keinginan dan tekad yang kuat diiringi doa tentunya, pasti bisa. Semoga SHAFIRA bisa terus menginspirasi dan menularkan energi positif kepada muda-muda kreatif. Menjadi produktif itu mulai dari diri sendiri.

www.shafira.com

@shafiramuslimfashion

xoxo

karin

Leave a Reply

Scroll Up