Motherhood

Mengenal dan Menangani Sembelit Pada Bayi bersama Interlac

December 14, 2018

Menghadapi anak sembelit atau tidak bisa BAB terkadang bisa membuat ibu kebingungan. Padahal rutin mengkonsumsi buah, sayur dan air putih. Tapi apakah sebenarnya penyebab sembelit dan bagaimana cara penanganannya?

Pada 30 November 2018 lalu di Imbex 2018 bersama mom blogger lainnya dari Mom Blogger Community, aku dapat ilmu lagi mengenai penyakit yang umumnya terjadi pada 1 tahun pertama. Khususnya bayi yang baru lahir karena organ pencernaanya masih mengalami penyesuaian. Disini aku rangkum kembali ya, tentang mengenal dan menangani bayi atau anak yang terkenal susah BAB. Penjelasan ini di sampaikan langsung oleh dr. Intan Diana Sari(Head of Medical PT. Interbat).

Dicandid Momin Mom Blogger Comunity. (foto: Mom Blogger Community)

Baca juga: Ibu Baru, Berikut Cara Mengetahui Bayi Kolik

Apa itu sembelit?

Pasti ibu bapak atau pun yang belum menjadi orang tua sudah tau ya, apa itu sembelit. Sembelit itu Suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran. Biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir, bayi yang sudah memasuki tahap MPASI dan anak-anak.

Apa tandanya kalau si Kecil mengalami sembelit?

Lalu bagaimana kita tahu kalau si Kecil sedang mengalami sembelit? Coba perhatikan ciri-ciri dibawah ini. mom.

  • Frekuensi BAB berkurang
  • Tekstur
  • Anak mengeluh perutnya tidak nyaman
  • Rewel
  • Pada bayi, menolak susu atau MPASI karena perutnya penuh

Setelah tahu tanda-tanda diatas aku jadi aware kalau Sega BABnya berkurang. Karena casenya disini Sega, jadi aku perhatikan kebiasannya, apakah dia kurang bergerak atau minumnya kurang, atau kalau sampai berminggu-minggu belum BAB bisa jadi ada kondisi medis tertentu.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit. Saran dr. Intan lebih baik cegah sebelum terjadi dengan pola makan yang seimbang. Karena beliau pernah menemukan case, sudah banyak makan sayur atau buah tapi tetep kena sembelit. Bisa jadi konsumsinya tidak seimbang dengan air yang di minum. Berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit:

  • Obat suppositoria (obat yang
    dimasukkan lewat anus)
  • Asupan air
  • Pijat perut bayi dengan gerakan tertentu
  • Makanan berserat dari sayur dan buah
  • Toilet training
  • Konsumsi probiotik

Nah probiotik ini yang baik dikonsumsi, karena ternyata manfaatnya banya sekali. Selain mengatasi sembelit ternyata bisa membantu mencegah dermatitis Atopik yang biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir. Sega pun mengalami itu walaupun enggak begitu parah, tapi kadang kambuh karena aku balur minyak telon yang ternyata dia enggak cocok. Selain itu mencegah infeksi seperti deman dan flu. Sudah pasti imunitas bertambah karena kambuhnya alergi menjadi minim.

Apasih probiotik itu?

Menurut WHO probiotik adalahmikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya. Tidak semua bakteri yang bisa memberikan manfaat. Bakteri yang memenuhi syarat Probiotik dan terus di teliti oleh WHO adalah :

  • Lactobacillus
  • Bifidobacterium

Interlac adalah probiotik yang direkomendasikan oleh dokter. Probiotik bukan obat ya, mom. Jadi kalau dikonsumsi untuk jangka panjang tidak menimbulkan reaksi negatif, bahkan baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Probiotik yang laya konsumsi adalah yang mampu tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu juga ampu menempel pada dinding usus.

Penjelasan Bio Gaia.
Penjelasan Brand Manager Interlac Mohamad Nurdadi dan dr. Intan Diana Sari (Head of Medical PT. Interbat)

Interlac merupakan produk yang dikeluarkan oleh BioGaia. Berasal dari Stockholm, Swedia berdiri sejak 1990. BioGaia merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi probiotik (Lactobacillus reuteri). Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis. Bakteri ini adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Apakah Interlac aman untuk bayi?

Sampai akhir 2016, INTERLAC® sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji
klinis. Interlac terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk:

  • Bayi prematur
  • Bayi baru lahir
  • Bayi dan Anak-anak
  • Remaja

Probiotik Interlac juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. Justru aku baru tahu ternyata jangan sebarangan kasih antibiotika yang bisa membunuh bakteri baik yang justru bagus untuk tubuh, moms!

Aku juga sempet ke boothnya Interlac bersama bootnya Mustela, pas lagi diskon-diskonnya.
Ada beberapa varian selain drops yaitu, sachet dan tablet kunyah untuk orang dewasa.

Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac tidak mengandung lactose sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran. Termasuk bayi yang lactose-intolerant. Profil keamanan dan manfaat Interlac yang sudah terbukti klinis membuat Interlac menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara. Bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur.

Review Interlac

Sega termasuk anak yang mengalami kolik, aku pernah buat tulisannya disini. Itu memang hasil pengalaman aku pertama kali menangani Sega yang rewel dan nangis kejer banget. Pada saat itu aku belum tahu soal Interlac. Rasanya malam itu ingin sekali bawa Sega ke UGD, tapi ya mencoba enggak panik dan aku googling tentang pijat-pijat yang akhirnya dia kelurkan gas dari perutnya.

Interlac drops, konsumsi 1×5 tetes perhari.

Lalu masalah BAB, sekarang yang sudah mulai 3-4 hari sekali. Kalau lebih dari 5 hari setelah tahu soal Interlac, aku kasih Sega. Juga lately dia rewel karena perutnya kurang nyaman. Setelah aku tetes (menggunakan sendok) tidurnya mulai nyenyak, rewelnya juga berkurang. Alhamdulillah, semenjak tahu suplemen ini anti antibiotik club duluan. Lebih baik konsumsi yang aman-aman aja.

Komposisi dan aturan pakai Interlac.

Komposisi:
Tiap sachet mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 

Aturan pakai:
1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter

Keterangan:
Larutkan dalam sedikit air
Dianjurkan untuk menggunakan sendok
Rasa netral (plain) untuk bayi & anak 1-5 tahun

Selain itu aku dan suami juga makan yang tablet kunyah, rasanya juga enak manis. Tapi jangan bayangkan ini obat maag ya. Literally manis kaya permen mint tapi enggak ada minta gitu ibu-ibu. Satu box ini isinya ada 20 tablet.

Dapat dibeli secara offline di : Guardian, Viva Health, baby shops dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami. Semoga bermanfaat ya yang aku share, untuk informasi lainnya mengenai produk atau ada yang kurang dari penjelasan aku silahkan kunjungi website dan social media Interlac dibawah ini:

www.interlac-probiotics.com

@interlacprobiotics

Facebook: interlacprobiotics

xoxo,

karin

Only registered users can comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *